Keluarga sakinah menjadi muara akhir yang ingin dituju keluarga muslim

Tujuan yang ingin dicapai oleh keluarga sakinah tidak bisa dipisahkan dari tujuan perkawinan itu sendiri, yaitu mewujudkan suatu bentuk kehidupan keluarga yang aman, tenteram, rukun dan damai yang dipatrikan dengan rasa cinta dan kasih sayang secara berkesinambungan. Keluarga bahagia (sakinah) dibangun atas fondasi nilai-nilai spiritualitas dengan motivasi ingin menjalankan syariat Allah dan Rasul-Nya. Karena itu, realisasi dari konsep kelurga sakinah dalam kehidupan masyarakat mempunyai derajat tujuan yang sangat tinggi, baik di dunia ataupun di akhirat.

Ada tiga bentuk tanggungjawab yang turut membantu tercapainya tujuan kelurga bahagia (sakinah) yaitu; 1). Tanggungjawab pada Allah, sebab kelurga dengan berbagi gungsinya merupakan pelaksanaan amanat Allah sebagai hamba dan khaliah di bumi, 2).Tanggung jawab ke dalam kelurga itu sendir, tertama suami sebagai kepala berkewajiban meningkatkan kualitas anggota kelurganya dan berbagai infrastruktur menuju ke arah yang lebih maju, 3). Tanggung jawab ke luar, sebab kelurga merupakan bagian terkecil dalma konteks sosial-kemasyarkatan akan selalu berinteraksi dengan dunia luras, maka seluruh anggota kelurga harus meiliki akhlak yang mulia ketika bergaul di lingkungan masyarakatnya.

Tujuan keluarga sakinah menurut pandangan Islam, yaitu menciptakan suasana keluarga yang terpenehuhi kebutuhan material dan spiritualitas, sehingga terbentuk kebahagiaan dan keharmonisan dalam kehidupan keluarga yang pada gilirannya mampu menjalankan tugas pengabdian pada Allah dan masyarakat berdasarkan nilai ajaran Islam untuk mencapai kesalamatan hidup di dunia dan akhirat.

Dalam keluarga sakinah, diyakini bahwa dimensi spiritualitas, seperti iman, ibadah, dan do’a menjadi unsur utama dalam mencapai tujuan keluarga bahagia tersebut. Dengan ajaran Islam semangat keilahian penuh dengan suasana cinta dan kasih sayang, tidak mudah terhempas oleh badai kehidupan yang mengitari, sebab semua problematika kehidupan rumah tangga selalu disandarkan pada bingkai ajaran Islam sebagai rambu petunjuk dan rem kontrol mendayung bahtera kehidupan rumah tangga.

Keluarga sakinah menjadi muara akhir yang ingin dituju oleh semua keluarga muslim dalam proses membina kehidupan rumah tangganya. Keluarga bahagia (sakinah) ini adalah cerminan kehidupan keluarga ideal, yang diinginkan terjadi dalam sebuah rumah tangga, khususnya pada mereka keluarga muda yang baru saja memasuki gerbang pernikahan…..Dinuz Family in Palu.

About saepudinmas

article, photo, hobby, music, education, experience
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s